RAGAM (CERITA) VIETNAM

>> Selasa, 16 Oktober 2012

Kuliner Vietnam

Makanan Vietnam yang sangat popular adalah “Phở” (baca: fe), mi kuah dengan irisan daging. Sebenarnya hanya ada 2 jenis Phở, Phở bò dengan kaldu daging sapi dan irisan daging sapi; Phở gà adalah phở dengan kaldu daging ayam dan irisan daging ayam, tetapi biasanya kuahnya dibuat dari tulang babi. Mi-nya seperti kuetiauw - pipih - dan dibuat dari tepung beras. Selain mi dan irisan daging, juga diisi berbagai jenis sayuran segar lainnya. Beberapa waralaba Pho yang terkenal di Vietnam antara lain adalah Pho 24, dan Pho 2000 (yang sebenarnya sudah bisa dinikmati juga di Jakarta). Versi lain dari pho adalah bún bò (bihun dengan sedikit kaldu daging sapi), mi-nya lebih kecil, bihun yang ditaburi kacang ini kuahnya dibuat dari tulang sapi.
Sajian wajib yang perlu dicoba “nem rán” lumpia goreng berisi daging, seafood/ikan, jamur, dan sayuran). Pembungkus berupa kulit lumpia dari tepung beras. “nem” umumnya disajikan sebagai makanan pembuka. Makanan Vietnam lainya yang banyak ditemukan di warung makan adalah Mì xaoi/Pho Xaoi (mi tepung terigu dimasak dan dihidangkan dengan potongan daging); Bánh canh (mi tebal dari tepung beras, tapioka atau terigu). Cháo (bubur kuah dari beras), Cháo gà (bubur ayam); Cơm chiên (nasi goreng);  Bánh chưng (masakan istimewa dari beras ketan untuk perayaan Tết).
Orang Vietnam penggemar sayur mayur. Bila kita makan di warung makan, di meja langsung teronggok sepiring besar berisi berbagai sayur-mayur segar (lalap). Lalap ini digulung bersama daging atau ikan dengan “banh trang” (rice paper) menjadi semacam lumpia basah. Bila perlu, karbohidrat berupa bihun juga digulung di dalamnya. Karena banyak sayur inilah kebanyakan orang Vietnam berpostur langsing dan sehat (disamping kebiasaan mimum “Vietnam tea”).

Selain makanan pokok, nasi dan phở, orang Vietnam sangat suka makan roti Prancis (baguette), baguette juga dinikmati seperti sandwich. Hanya dibelah dua, diisi sayur dan berbagai jenis isian, seperti: daging ayam, sapi/ babi, udang, telur dadar, dan lain-lain, ditambah mayones, sehingga sandwich Vietnam ini punya citarasa sangat khas. Minuman orang Vietnam adalah teh, kopi, bir, anggur, atau arak beras (xeo). Hidangan penutup sering berupa buah-buahan segar seperti jeruk bali, rambutan, pepaya, nanas, belimbing, sirsak, manggis, asam jawa, nangka, lengkeng, leci, jambu biji, durian, dan mangga.

Jika ingin mencoba seluruh kuliner seluruh provinsi di Vietnam, silahkan kunjungi 2 rumah makan terkenal di Hanoi: Quan An Ngon (18 Phan Boi Chau Street) dan Nha Hang Ngon (26 A-B Tran Hung Dao Street), sedangkan di Ho Chi Minh City/Saigon: Nha Hang Ngon (160 Pasteur Street). Di rumah makan ala pujasera di Indonesia ini memuat seluruh makanan tradisonal dari berbagai provinsi di Vietnam. Harga makanan di sini lebih murah dibanding rumah makan menengah, namun masih lebih mahal dibanding warung makan kecil pinggir jalan.

Bila anda wajib makan sajian halal (Halal Food), tempat yang aman untuk makan adalah Nisa Restaurant, 32 Hang Tre Street, Hanoi (www.nisa-restaurant.com). Sedangkan di Ho Chi Minh City/Saigon berada di sekitar mesjid (Central Mosque) di Dong Du Street dan Halal@ Saigon, 31 Dong Du Street (www.halalsaigon.com).

Makanan kering yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh adalah: Green Bean Cake (mirip kue satu), VINAMIT (buah-buahan kering), Kacang (buah) lotus, termasuk juga kopi “Trung Nguyen”, teh “Thai Nguyen” (sebagai teh pelangsing), teh pare (peredam gula darah), dan teh “Atiso” (meredam darah tinggi) . Semua ini dapat diperoleh di pasar tradisional, atau super-mini market. Bagi pelancong ke Hanoi, HCM City dan kota lainnya yang perlu dicermati adalah mengamankan barang2 anda dari inceran pencopet yang belakangan ini semakin menggrilya (sasaranya dompet, handphone, kamera, dsb) dengan merogoh/menyayat tas dengan silet.  dan berusahalah menggunakan taxi resmi (Mai Linh Taxi, Hanoi Taxi, CP Taxi) selama penjalanan untuk menghindari argo kuda atau disalah arahkan.

Penulis : ST. Marbun

Ini cerita tentang Kotaku : Hanoi

Tulisan ini diambil dari beberapa sumber. Sebenarnya penulisan yang betul menurut kaidah bahasa setempat adalah Hà Nội, terdiri dari 2 kata yang terpisah, "hà" dan "nội". Oleh karena itu, adalah lazim di sini untuk menyingkat nama kota ini menjadi "HN", karena singkatan dari "Hà Nội", cara bacanya /hà no'/ ya. "Hà" berarti "sungai, atau dataran sekitar sungai," dan "nội" yang artinya "istana," ataupun "tempat." Tapi oleh orang-orang barat, penulisan ini digabung; mungkin untuk memudahkan pelafalan. Secara geografis, kota ini memang terletak di delta Sungai Merah (Song Hong). Mungkin pula dulunya kota ini masih berupa rawa-rawa hingga dibangun menjadi ibukota beberapa kerajaan dan negara. Bukti yang tersisa adalah adanya beberapa danau yang banyak tersebar di seluruh kota. Tak heran pula bila banyak orang yang menyebut kota ini dengan julukan "Kota Seribu Danau".
Tapi kali ini aku bukan membahas masalah danau-danau kota. Kali ini aku ingin membahas keunikan beberapa nama jalan di HN ini. Kota yang akan berusia 1000 tahun pada tahun 10 Oktober 2010 ini juga memiliki kawasan kota tua, seperti Kota Tua-nya Jakarta, yang dikenal sebagai "The Old Quarter of Hanoi" dalam bahasa Inggris, atau "phố Cổ Hà Nội". Di kawasan ini kita masih dapat melihat bangunan kuno warisan masa lampau, yah...persis seperti Jakarta Kota-lah. Di area inilah aku menemukan keunikan nama jalan.

Rupanya penamaan jalan di Vietnam ini juga mengacu entah pada sejarahnya ataupun sebagai penghormatan untuk seseorang. Mirip dengan Indonesia juga. Ada nama jalan yang merupakan nama beberapa perwira militer zaman dahulu (jalan [Jenderal] Trần Hưng Đạo, jalan Nguyễn Du, dll.), ada nama raja (Raja Lý Thai Tô, Raja Lý Thường Kiệt, Raja Lê Thanh Tông, Raja Lý Thai Tông, dll.), ada nama pahlawan, ada nama tokoh atau tempat bersejarah (Ba Trieu, Hai Ba Trung, Điện Biên Phủ, dll.), dan ada pula nama jalan yang berasal dari kegiatan perdagangan sehari-hari yang pernah ada di situ sebelumnya.

Ketika 'mendarat' untuk pertama kalinya di sini, aku sempat terheran-heran dengan beberapa nama jalan di kota tua itu. Rata-rata memakai nama "hàng" di depannya (menurut kamus berarti: 'perdagangan'/guild). Sejarah dari kawasan ini bermula pada awal abad ke-13 dimana pemerintah saat itu membuat 36 guild (sentra atau pusat bisnis). Oleh karena itu ada sejarawan yang menamakan kawasan ini "area 36 jalan". Tetapi bila ditelusuri lebih detail, sebenarnya ada lebih dari 36 nama jalan yang memakai "hang", seperti data-data di bawah totalnya 41 buah. Kalau dilihat di kamus artinya satu persatu, ternyata ada kesamaan antara arti di kamus dengan kegiatan sehari-hari yang kemudian menjadi 'trademark' jalan itu. Misalnya:

hàng bài,
hàng chuôi, dulunya adalah sentra jual beli pisang, karena "chuoi" artinya pisang
hàng đương, dulunya adalah sentra jual beli gula, tebu, manisan, dll.
hàng da, adalah adalah sentra jual beli bahan-bahan kulit
hàng bắc, adalah sentra jual beli perhiasan
hàng be, adalah sentra jual beli perahu
hàng bo, adalah sentra jual beli keranjang
hàng bong, adalah sentra jual beli kapas
hàng buom, adalah sentra jual beli layar kapal
hàng but, adalah sentra jual beli kuas untuk menulis
hàng cá, adalah sentra jual beli ikan
hàng cân, adalah sentra jual beli timbangan
hàng chai, adalah sentra jual beli botol, entah dari beling atau plastik
hàng chi, adalah sentra jual beli benang
hàng chieu, adalah sentra jual beli kunci
hàng chinh, adalah sentra jual beli tempat cairan (jar)
hàng cot, adalah sentra jual beli bamboo lattices
hàng dao, pewarna sutra
hàng dau, kacang-kacangan atau minyak sayur
hàng dieu, berarti perpipaan
hàng đong, berarti tembaga
hàng ga, adalah sentra perdagangan ayam
hàng gai, berarti sutera atau hal-hal yang berkenaan dengan perempuan
hàng giay, bisa berarti kertas atau sepatu (zaman dulu sepatu terbuat dari kertas kali ya? Bukan..."sepatu...dari kulit rusa..")
hàng hanh, tempat jualan bawang
hàng hom, tempat jualan case
hàng hương, tempat jualan yang wangi-wangi, semacam parfum, dll.
hàng khay, tempat jualan nampan atau baki
hàng khoai, adalah tempat jualan kentang
hàng luoc, jualan sisir
hàng mã, jualan kertas berhias
hàng mam, jualan ikan yang diawetkan
hàng manh, jualan tirai bambu
hàng muoi, jualan garam
hàng ngang, transversal street
hàng non, topi
hàng phen, alumunium
hàng quat, kipas angin
hàng ruoi, clam worms
hàng than, arang
hàng thiec, tin
hàng thung, barrels
hàng tre, bambu
hàng trong, drums
hàng vải, tekstil/kain

Adalagi jalan yang nggak pake 'hang' tapi masih memiliki makna yang sejenis dengan hang-hang, yaitu:

bat dan, mangkok kayu
bat su, mangkok keramik
chả ca, ikan bakar/ikan panggang
chan cam, instrumen bersenar
chợ gạo, pasar beras
gia ngu, nelayan
hai tuong, sandal
lo ren, blacksmiths
lo su, peti mati
ma may, rattan
ngo gach, batu bata
thuoc bac, obat herbal.

Hmmm, jadi ingat beberapa hal :
1.    Setelah membaca tulisan ini, jangan ikutan "hang" ya, hihihihi...
2.    Walaupun memiliki lebih dari 40 nama jalan yang pake 'hang' tetap aja HN nggak punya jalan "hang Out", hehehe...
3.    Trus...***khayalan saya nih...*** jangan-jangan kalau jalan-jalan 'hang' itu ditelusuri, nyampenya ke..."hang Lekiu", "hang Jebat", "hang Lekir", "atau "hang Tuah" juga, hahahaha...

Penulis : Noni Gustami,  menetap di Hanoi pada tahun 2006-2010.

Kura-kura Hồ Gươm


Dalam perjalanan menuju Pasar Sentral Đồng Xuân, saya melihat banyaknya orang berkerumun di tepian Danau Hoan Kiem, lokasinya pas di seberang Thang Long Water Puppet. Kami pikir ada kecelakaan air di situ. Ternyata menurut supir taksi yang kami tumpangi, siang itu "Cụ Rùa Hồ Gươm Lại Nổi", alias Kura-kura Hồ Gươm (nama lain Danau Hoàn Kiếm; "hồ" dalam bahasa Việt Nam berarti "Danau") muncul kembali. Segera saja kami turun dari taksi, bergabung dengan penduduk yang juga berlarian hendak menonton dari dekat pemunculan Sang Kura-kura itu. Rencana ke Pasar Sentral Đồng Xuân untuk sementara hilang dari kepala. Sayangnya lensa kamera poket saya tak sanggup untuk mengabadikan pemunculan langka itu, karena selain panjang lensa saya tak memadai, pas si Kura-kura muncul untuk mengambil udara, lensa kamera belum siap fokus; begitu dia menyelam kembali baru lensa kamera saya fokus. Namun, saya sempat mengabadikan kerumunan orang-orang yang menonton di situ serta satu buah foto kura-kura yg tak begitu jelas. Setelah itu kami bertiga kembali ke tujuan semula: Pasar Sentral Đồng Xuân.

Saat mampir ke salah satu toko alat tulis di jalan Hang Đương, saya sempat mengintip komputer toko yang juga tengah dipantau oleh pemiliknya. Rupanya berita pemunculan si Kura-kura telah dirilis oleh berbagai media internet hari itu. Konon pemunculan ini adalah yang kedua di bulan ini setelah di hari sebelumnya (Rabu, 5/11/2008), sang kura-kura tertangkap 'kering' sedang berjemur di Tháp Rùa, atau Tortoise Tower yg terletak di tengah Danau Hoan Kiem. Setidaknya ada 4-5 media internet yang melansir pemunculan itu, tapi dari sekian banyak media cuma di sini yang terlengkap foto-fotonya dan sepertinya orisinil. Media lain misalnya di sini, sini, atau sini, tapi sayangnya berita-berita itu ditulis dalam bahasa Viet Nam. Menurut pemahaman saya yang "ala kadarnya" berdasarkan keterangan di internet itu, kura-kura yang tampak kemarin dan kemarin lusa sepertinya kura-kura yang sama dengan panjang 1m dan lebar 0,7m.
Menurut saya, yang kemarin kami lihat itu bukalah kura-kura, tetapi bulus (bener ga sih?), karena bertudung lunak sehingga dikenal juga sebagai soft-shell turtle dengan nama ilmiah Rafetus leloii. Malah wikipedia menyebutnya sebagai Kim Qui Legends, atau legenda Dewa Kura-kura Emas (saya pernah lihat jenis ini juga lho, sekitar Perayaan Tet tahun ini...). Konon ada mitos bahwa bila seseorang bisa melihat Kura-kura Hoan Kiem ini, maka dia bakalan mendapat hoki atau keberuntungan.

Sebuah pertanda? Ah, semoga saja pertanda baik bagi kita semua...  

Penulis : Noni Gustami,  menetap di Hanoi pada tahun 2006-2010.

6 komentar:

Liangga Dewi 29 Mei 2014 19.27  

Selamat siang
Sy Dewi
Sehubungan dengan adanya tugas International Business di Universitas sy, sy ingin menanyakan mengenai harga-harga bahan makanan di Vietnam seperti tepung, gula, telur, minyak dan bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya.
Mohon bantuannya. Terima Kasih

Anonim 12 Juli 2014 06.45  

Halo di manakah saya dapat membeli kulit lumpia vietnam di Indonesia? Tolong kontak saya Juliana 08175276888

IBU WINDA DI GARUT 24 Januari 2015 04.23  

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka 8829 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082-313-336-747)))




atau klik langsung di KLIK DSINI BOCORAN TOGEL




angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



angka GHOIB; malaysia



angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



angka GHOIB; laos

anjalbress anjal 1 Agustus 2015 05.30  

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAH…Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembus…dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANAL…Yang SaYa Minta Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

Ibu Hermawati 5 Oktober 2015 04.24  

Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri...










Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri

Posting Komentar

Jasa Pembuatan Blog Elegant dan Keren