PERATURAN TENTANG MENDIRIKAN KANTOR PERWAKILAN & CABANG PEDAGANG ASING DI VIETNAM

>> Rabu, 17 Oktober 2012

Berdasarkan Undang-undang Perdagangan, pelaku usaha asing dapat membuka kantor perwakilan dan cabang di Vietnam. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan bertanggung-jawab mengelola penerbitan izin yang membolehkan pelaku usaha untuk berinvestasi di Vietnam. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan bertanggung-jawab atas dikeluarkannya izin mendirikan kantor perwakilan dan cabang pedagang asing di Vietnam.

Keputusan 72/2006/ND-CP menyediakan detil Undang-undang Perdagangan tentang pendirian, operasional, hak dan kewajiban kantor perwakilan dan cabang berbasis di Vietnam milik pelaku usaha asing di Vietnam.

Kantor perwakilan pelaku usaha asing tidak diizinkan melakukan usaha menguntungkan langsung di Vietnam; tidak diizinkan menjadi perwakilan pelaku usaha lain; tidak diizinkan menyewakan kembali kantor perwakilannya; tidak diizinkan menandatangani kontrak, mengubah atau menambah kontrak pelaku usaha asing yang telah ditandatangani, kecuali pada kasus di mana Perwakilan memiliki kuasa hukum pedagang asing atau melaksanakan aktivitas yang berhubungan dengan menyewa kantor, menyewa/membeli barang yang diperlukan, merekrut tenaga kerja untuk kantor perwakilan dan membuka rekening-melayani aktivitas kantor perwakilan berdasarkan undang-undang.

Kantor perwakilan pelaku usaha asing di Vietnam berwenang melaksanakan aktivitas promosi perdagangan dalam skala yang diizinkan oleh Undang-undang, misalnya menjadi kantor kontak; mempromosikan membangun proyek korporasi pedagang asing di Vietnam; mencari pasar; memasok dan menggunakan layanan perdagangan pedagang asing yang diwakilinya; dan menindak-lanjuti dan mempercepat implementasi kontrak yang telah ditandatangani dengan mitra Vietnam serta aktivitas-aktivitas lain berdasarkan Undang-undang.

Cabang pedagang asing di Vietnam diizinkan untuk :
(i) melakukan usaha perdagagan barang dan aktivitas komersial lain sesuai denga izin pendiriannya berdasarkan undang-undang Vietnam;

(ii) membuka rekening di Vietnam dan memindahkan keuntungannya ke luar negeri.

1. Ketentuan dikeluarkannya Izin pendirian kantor perwakilan dan cabang pelaku usaha asing di Vietnam : 

1.1. Pertama, pelaku usaha harus legal di negara tempat ia mendirikan dan mendaftarkan usahanya. Hukum Vietnam tidak mengizinkan individu asing untuk mendirikan kantor perwakilan dan cabang di Vietnam jika tidak sesuai dengan komitmen internasional Vietnam.

1.2. Kedua, untuk kantor perwakilan harus aktif tidak kurang dari satu tahun dan untuk cabang harus aktif tidak kurang dari lima tahun sejak pendirian atau pendaftaran usaha secara legal. Peraturan tentang waktu minimal performa pelaku usaha asing di atas merupakan ketentuan yang memadai untuk mendirikan kantor perwakilan dan cabang untuk menunjukkan tidak adanya tendensi usaha ilegal dan curang, memastikan pengelolaan negara dan kesesuaian dengan perjanjian-perjanjian internasional di mana Vietnam bergabung atau berkomitmen di dalamnya.

2. Berkas permohonan izin pendirian kantor perwakilan harus terdiri dari :

2.1. Permohonan izin pendirian kantor perwakilan, yang dibuat sesuai dengan bentuk yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan dan ditandatangani oleh perwakilan pelaku usaha asing yang kompeten.

2.2. Salinan pendaftaran usaha pelaku usaha asing atau dokumen yang memiliki nilai yang sama yang disahkan oleh otoritas yang kompeten di tempat berdirinya pelaku usaha asing tersebut. Apabila durasi operasional untuk pelaku usaha tersebut diterangkan dalam pendaftaran usaha atau dokumen yang memiliki nilai yang sama tersebut, maka durasi operasional tersebut harus tetap berlaku setidaknya satu tahun;

2.3. Laporan keuangan yang telah diaudit atau dokumen lain yang memiliki nilai yang sama yang membuktikan operasional dan eksistensi aktual pelaku usaha asing pada tahun buku terbaru; dan

2.4. Salinan piagam operasional pelaku usaha asing, bagi yang berbentuk badan usaha.  

3. Berkas permohonan izin pendirian cabang harus memiliki :

3.1. Permohonan izin pendirian cabang yang dibuat sesuai dengan bentuk yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan dan ditandatangani oleh perwakilan pelaku usaha asing yang kompeten;

3.2. Salinan piagam operasional cabang, yang menyatakan secara jelas lingkup kewenangan kepala cabang;

3.3. Salinan pendaftaran usaha pedagang asing atau dokumen yang memiliki nilai yang sama yang disahkan oleh otoritas yang kompeten di tempat berdirinya pelaku usaha asing tersebut. Apabila durasi operasional untuk pelaku usaha tersebut diterangkan dalam pendaftaran usaha atau dokumen yang memiliki nilai yang sama tersebut, maka durasi operasional tersebut harus tetap berlaku setidaknya tiga tahun;

3.4. Laporan keuangan yang telah diaudit atau dokumen lain yang memiliki nilai yang sama yang membuktikan operasional dan eksistensi aktual pelaku usaha asing pada tahun buku terbaru.
Salinan pendaftaran usaha pelaku usaha asing, laporan keuangan yang telah diaudit atau dokumen yang setara, dan salinan piagam operasional cabang harus diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam serta disahkan dan dilegalisir oleh kantor konsul atau misi diplomatik Vietnam di luar negeri.

0 komentar:

Posting Komentar

Jasa Pembuatan Blog Elegant dan Keren